logo

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Buat Laporan Keuangan Usaha

5 Okt 2020

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Buat Laporan Keuangan Usaha

Halo PakBos dan BukBos, kalian tau gak sih kenapa laporan keuangan penting untuk keberlangsungan suatu usaha? Karena dengan adanya laporan keuangan yang baik dapat membantu evaluasi dan pengambilan strategi usaha yang lebih baik. Hal ini juga berlaku bagi usaha kecil dan menengah atau UMKM lho!

Penilaian berdasarkan akumulasi untung-rugi di akhir saja tidak cukup Bosku. Kita juga perlu memperhatikan transaksi keluar masuknya uang dalam suatu periode. Sekecil apapun usaha yang dikelola, memiliki laporan keuangan yang baik menjadi hal yang diwajibkan. Simak 5 manfaat penting laporan keuangan bagi suatu usaha.

Mengukur Kinerja Usaha

Melalui laporan keuangan, kita dapat melihat apakah usaha kita untung atau rugi, apakah sudah mencapai target yang ditetapkan atau belum, bahkan hingga menganalisa produk terlaris serta beban biaya apa yang paling besar dari usaha kita. Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi kinerja usaha kita untuk selanjutnya dijadikan pertimbangan dalam merancang strategi usaha. Jika merugi, maka langkah apa yang harus dilakukan, dan jika untung, maka cara apa yang dilakukan untuk meningkatkan keuntungan tersebut.

Mengetahui Arus Kas

Tahukah kamu bahwa 82% usaha kecil-menengah gagal di tahun pertama mereka karena manajemen arus kas yang buruk? Itulah mengapa arus kas dinilai sangat berpengaruh terhadap kelancaran usaha Bos.

Melalui laporan keuangan usaha, kamu bisa memantau jalannya arus kas yang ada. Berapa rata-rata uang yang masuk, berapa beban biaya yang dikeluarkan, serta mengukur sejauh mana kas usaha sudah dioptimalkan untuk operasional. Secara umum, kamu bisa melihat keberhasilan suatu usaha lewat manajemen arus kas mereka. Semakin baik pengelolaan arus kas yang dimiliki, maka usaha tersebut juga tentu semakin bagus.

Mengetahui Posisi Keuangan Usaha

Kita juga perlu mengetahui posisi keuangan usaha. Berapa total aset yang dimiliki, berapa dana usaha yang berasal dari modal sendiri dan berapa yang dari utang. Melalui posisi keuangan usaha kamu dapat mengetahui proporsi utang yang dimiliki oleh usahamu. Melakukan analisa apakah usaha masih mampu membayar utang baik untuk jangka pendek dan jangka panjang. Ini bisa menjadi cara untuk mengidentifikasi seberapa sehat keuangan usaha yang kamu jalani.

Sebagai Bahan Perhitungan Pajak

Laporan keuangan akan membantu Anda sebagai pengusaha untuk lebih mudah dalam menghitung pajak usahamu. usaha yang tidak memiliki laporan keuangan, biasanya akan kebingungan di akhir periode karena harus mencari-cari dasar perhitungan pajak. Sedangkan jika sudah terbiasa membuat laporan, kita akan dengan mudah mencari besarnya penghasilan. Sehingga kita akan lebih mudah dalam menghitung dan membayar pajak sesuai dengan apa yang seharusnya dibayarkan.

Alat Pengambil Keputusan

Laporan keuangan yang baik mampu menjadi informan yang akurat terhadap kondisi usaha kamu saat ini. Hal inilah yang bisa kamu gunakan sebagai alat pengambil keputusan. Jika usahamu untung, strategi apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan keuntungan atau minimal untuk mempertahankan keuntungan tersebut.

Apabila usaha mengalami kerugian, kebijakan seperti apa yang harus dilakukan untuk bisa membuat usaha untung dan membawa hasil yang lebih maksimal kedepannya. Inilah kenapa seorang usahawan harus memiliki sebuah laporan keuangan dalam usaha mereka.

Itulah 5 manfaat yang membuat laporan keuangan penting bagi usaha kamu. Usaha yang mampu mengelola keuangan dengan baik berarti memiliki manajemen yang baik.

CrediBook merupakan salah satu aplikasi pembukuan digital yang dapat mempermudah kamu dalam membuat laporan keuangan dengan lebih mudah, cepat, dan aman. Dengan CrediBook, kamu hanya perlu memasukkan seluruh transaksi ke dalam CrediBook dan sistem lah yang akan membantu kamu menyusunnya dengan lebih rapi.

Jadi tunggu apalagi? Yuk download CrediBook sekarang dan kemudahan dalam membuat laporan keuangan usaha kamu.

Bagikan post ini

whatsapp
whatsapp
whatsapp